Wednesday, October 6, 2010

Sistem Informasi Eksekutif

Eksekutif merupakan manajer tingkat atas yang berpengaruh kuat pada kegiatan dan arah organisasi. Eksekutif diyakini menekankan fungsi perencanaan juga peran Disturbance dan enterpreneur. Mereka menghadapi tantangan dengan mengidentifikasikan agenda yang poerlu perusahaan capai. Eksekutif diterapkan bebas. Tidak ada garis batas yang jelas yang memisahkan eksekutif dari manajer lain, digunakan untuk mengidentifikasi manajer pada tingkat atas dari hirarki organisasi yang kuat pada pada perusahaan. Pengaruh ini diperoleh dalam perencanaan strategis dan menetapkan kebijakan perusahaan.

Selain perencanaan jangka panjang, eksekutif sering dibedakan dari manajer tingkat bawah melalui sikap mereka. Eksekutif memnberikan nilai yang lebih tinggi bagi kesejahteraan perusahaan daripada kesejahteraan unit-unit individual didalam perusahaan.

Hal ini akan dibahas oleh tiga ahli teori manajemen sebagai berikut :
1. Fungsi-fungsi manajemen fayol
Semua manajer melakukan fungsi-funsi manajemen yang sama merencanakan, mengorganisasikan , menyususn staf, mengarahkan dan mengendalikan.
2. Peran-peran manajerial Mintzberg
Tugas eksekutif dalam peraqn-peran manajerial Henry Mintzberg bahwa semua manajer melakukan semua peran tetapi orientasinya berbeda untuk tiap tingkatan. Salah satu peran keputusan adalah perunding.
3. Agenda dan jaringan Kotter
Para eksekutif mengatasi tantangan pekerjaan mereka dengan mengikuti strategi tiga tahap : pertama mereka menerapkan agenda –tujuan yang harus dicapai perusahaan. Agenda jangka panjang cenderung berupa perkiraan seperti gagasan umum mengenai jenis produk yang harus dijual perusaahan dalam lima, sepuluh tahun kedepan. Agenda jangka pendek lebih spesifik, seperti pangsa pasar yang harus dicapai oleh tiap produk perusahaan saat ini.

Kedua, eksekutif membangun jaringan, hubungan kerja sama diantara orang-orang yang harus menyelesaikan agenda.

Ketiga, eksekutif bekerja unutk menerapkan lingkungan norma dan nilai yang tepat sehingga para anggota jaringan dapat bekerja mencapai agenda.

- Penemuan penelitian yang menonjol
Tiga penemuan penelitian yang paling menonjol yaitu :
1. Sebagian besar informasi eksekutif berasal dari sumber daya lingkungan
2. Sebagian besar informasi eksekutif berbentuk tertulis, tetapi informasi lisan diberi nilai lebih tinggi
3. Para eksekutif mendapatkan sangat sedikit informasi langsung dari komputer.

Istilah sistem informasi eksekutif atau EIS pertama kali muncul dalam laporan penelitian Rockart dan Treacy. Walau tidak tersedia difinisi, para peneliti itu menemukan bahwa sistem tersebut menampilkan :
* Tujuan sentral eksekutif mengunakan komputer terutama dalam perencanaan dan penelitian.
* Inti data bersama database berisi informasi berbagai industri, pelanggan pesaing dan unit-unit bisnis dalam tiga periode waktu yaiut masa kini , masa lalu dan masa depan.
* Dua metode penggunaan utama eksekutif mengunakan EIS untuk mengakses status saat ini dan memproyeksikan trend serta melakukan analisis pribadi atau data.
* Organisasi pendukung para eksekutif dibantu oleh pendukung EIS dan pengendali EIS.

Sumber : Majumapan.com

Comments :

0 komentar to “Sistem Informasi Eksekutif”

Post a Comment

Hit Counter

 

Copyright © 2010 by Eoria Ansul Blog
Themes : Magazine Style by Blogger Magazine