Wednesday, October 6, 2010

Tips Bermain Piano

Hmm.. Setelah bingung mau membahas apa untuk blog ini. saya berpikir untuk memposting tips untuk bermain keyboard maupun piano. Alasannya adalah karena bermain piano merupakan hobi saya .

Ok, langsung kita mulai saja pembahasannya. Seorang pianist profesional maupun hanya sekedar hobi harus memahami 5 dasar dalam bermain piano, yaitu :

1. FINGERING (posisi tangan dan jari, lengan & bahu)
Latihan untuk fingering ini, ditujukan untuk agar kita sebagai pemain piano atau keyboard, posisi jari dan tangan kita saat bermain ada dalam posisi yang benar. Juga untuk bentuk jari-jari kita saat bermain di atas tuts piano atau keyboard ada dalam posisi sempurna. Latihan jari ini mencakup Tangga Nada dan Cadence.

2. TOUCHING (latihan touching, legato-staccato, phrasing, dynamics dan expression)
Latihan untuk touching ini ditujukan untuk agar kita pemain piano atau keyboard mengerti interpretasi kita dalam bermain musik. Tidak hanya sekedar bermain musik, tetapi musik itu harus keluar dari dalam hati kita. Kita harus mengetahui dimana kita harus mengeluarkan suara keras atau lembut. Bermain dengan adanya tekanan atau suara panjang atau dengan aksen yang tepat. Ada dinamika, feeling dan ekspresi.

3. RHYTHM dan TEMPO
Latihan untuk rhythm and tempo ini ditujukan pada saat kita bermain dengan orang lain dengan Instrumen lainnya. Baik sebagai pemain drums, bass, guitar, percussions atau juga piano dan keyboard. Kita perlu mengetahui setiap harga notes, ketukan & rhythm pattern. Kita juga perlu tahu tentang tempo yang benar.

Rhytmic dalam bermain musik (comping) hrus ada soul atau groove dalam bermusik. Maksudnya harus ada “nyawa” dalam kita bermain dalam 1 band. Kita juga harus tahu tentang TIME SIGNATURE (lagu itu dimainkan dalam ketukan 2/4, ¾, 4/4, 3/8, 6/8 etc)

4. HARMONY
Latihan untuk harmony ini ditujukan agar kita bisa lebih kaya dalam mengembangkan pola chords yang kita pakai dalam sebuah lagu. Juga mengembangkan bunyi yang dihasilkan dari chords yang kita mainkan.

Harmoni juga untuk memperluas cara kita bermain dalam konteks kita mengiringi seorang penyanyi. Karena dengan kita bermain dalam harmonisasi yang bagus, maka akan tercipta suatu kesatuan yang baik. Dengan mempunyai pengetahuan harmoni yang baik, kita dapat membuat aransemen yang pasti bisa lebih enak. Mengetahui posisi kita sebagai musisi, lebih sebagai pengiring!

5. READING
Latihan ini ditujukan untuk mereka yang belum bisa membaca not balok atau combo partitur. Diharapkan seorang pemain di kemudian harinya bisa membaca partitur not balok atau combo part. Mereka mengenal Treble Clef (kunci G) dan Bass Clef (kunci F). Mereka mengetahui tentang KEY SIGNATURE (ada berapa sharp (#) atau flat (b) lagu itu dimainkan). Dengan kita melihat tanda-tanda tersebut dengan sendirinya kita sudah tau kalau lagu itu dimainkan di tangga nada apa. Jelas itu akan sangat mempermudah kita dalam bermusik.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk para pembaca khususnya mahasiswa dan dosen Gundarma.

Sumber : Blueframe.com
Edit : Putranto H N

Comments :

0 komentar to “Tips Bermain Piano”

Post a Comment

Hit Counter

 

Copyright © 2010 by Eoria Ansul Blog
Themes : Magazine Style by Blogger Magazine