Thursday, October 22, 2009

Sekilas tentang Mana Khemia 2 (Part 1)

Mana Khemia 2 : Fall of Alchemy adalah sequel dari mana khemia : Alchemist of Al-Revis yang dikeluarkan oleh Gust. Proyek A10 dari Gust ini menceritakan tentang Akademi alchemist yang mengalami masa sulitnya dengan mulai berkurangnya kekuatan mana yang berada disekitar akademi dan menyebabkan pulau yang membuat akademi itu diatas permukaan bumi mulai jatuh.
Masa kritis ini membuat menurunnya kualitas dari akademi tersebut. Dimulai dari pengajarnya sampai lulusan dari akademi yang kurang berkualitas. Para sponsor dari akademi pun satu per satu mulai menarik diri dan membatalkan kontrak dengan akademi. Akhirnya, sistem pembelajaran di akademi Al-Revis ini diubah. Mulai dari memperpendek waktu studi siswa dari 3 tahun menjadi 1 tahun dengan menyingkirkan mata kuliah yang tidak berarti sampai membuka program studi baru selain Alchemy.
Saat akademi mulai balik modal dan keluar dari krisis, timbullah pemikiran dari pimpinan akademi untuk menutup program studi Alchemy karena dianggap membutuhkan biaya yang sangat besar. Pemikiran pimpinan ini muncul saat Razeluxe dan Ulrika (Karakter utama) masuk ke dalam akademi tersebut. Apakah yang akan dihadapi dalam Mana Khemia 2 ini dan akankah akademi Al-Revis menghapus program studi Alchemy?

Sistem dalam Mana Khemia 2
Mana Khemia 2 memiliki sistem yang hampir sama dengan sebelumnya. Tetapi dalam sistem tersebut sudah dimodifikasi agar terkesan lebih menarik.
1. Sistem Sekolah (School System)
Hampir sama dengan seri sebelumnya, hanya saja karena waktu pembelajaran hanya 1 tahun jadi setiap chapter tidak dihitung permusim seperti pada mana khemia yang memiliki 12 chapter dengan 1 chapter setiap musim.
Sistem sekolah di mana khemia 2 memiliki alur seperti dibawah:
Open Event - Assignment - Free Time - Main Event

Keterangan:
- Open Event : pembukaan dari setiap chapter. Biasanya akan menjelaskan sedikit tentang tema chapter atau langsung masuk ke assignment.
- Assignment : kalian harus mengambil mata kuliah disaat assignment. Biasanya setelah memilih mata kuliah, kalian akan mendengarkan lecture dari dosen dan akan diberikan tugas.
- Free Time : Waktu dimana target nilai dalam assigment sudah terpenuhi, maka kalian akan mendapatkan waktu bebas. waktu bebas ini dapat digunakan untuk mencari pekerjaan, menjalin hubungan dengan karakter lain dan mencari bahan untuk syntesis.
- Main Event : Akan menjelaskan tentang alur cerita dalam mana khemia. (Bisa saja berupa kegiatan yang ada didalam akademi seperti school festival)

2. Sistem Alchemy
sistem ini mengalami beberapa perubahan dari versi sebelumnya. Seperti Harus memilih bahan yang tepat untuk membuat sesuatu dan Ether level yang berubah-ubah dari setiap bahan tergantung dari kualitas bahan yang dibuat. Jika ether level dibawah 50 maka pemain harus memilih elemen yang menjadi lawan dari elemen bahan.
Sistem Support dalam sistem alchemy juga ditambahkan dengan adanya passive support sistem dimana karakter yang membantu kalian dalam membuat sesuatu akan mempengaruhi kualitas benda yang akan dibuat.

3. Grow Book System
Dalam grow book system terdapat modifikasi. tidak seperti versi sebelumnya yang menggunakan sistem tree untuk menaikkan status karakter. Disini kalian dapat langsung menaikkan stasus jika benda yang dibutuhkan telah dibuat. Hanya saja tidak semua status dapat terisi. Jika ether level benda yang dibuat tidak sampai 100 (sempurna) maka akan ada sebagian status yang masih tertutup.

Bersambung...

Comments :

1
Administrator Frelia said...
on 

Hahaha, artikelnya bagus ttg Mana Khemia. Ore suka banget lho.

Post a Comment

Hit Counter

 

Copyright © 2010 by Eoria Ansul Blog
Themes : Magazine Style by Blogger Magazine